BMKG: Sumbar Mulai Memasuki Musim Panas

491
Palanta Minang —¬†Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan kondisi atmosfir Sumatera Barat (Sumbar) pada Juni 2017 dominan panas karenamulai memasuki musim kering, namun tidak menutup kemungkinan terjadi hujan dengan durasi singkat di beberapa wilayah.
Kepala Seksi Observasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji saat dikonfirmasi dari Padang, Senin, menjelaskan secara umum musim panas pada Juni ini akan berlangsung hingga tiga bulan, dan akan kembali memasuki musim hujan.
Saat ini, katanya suhu maksimal di Sumbar 31 derajat celcius pada pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB.Masyarakat perlu mengantisipasi paparan sinar matahari langsung dengan mengurangi aktivitas berlebihan di luar ruangan.
“Apalagi saat ini sedang bulan puasa, masyarakat harus banyak minum air putih saat berbuka dan sahur agar tidak dehidrasi,” terangnya.
Ia juga mengimbau masyarakat agar tidak sembarangan membakar sampah seperti di lahan dan ladang yang dapat menyebabkan kebakaran.
“Kebakaran hutan sangat mudah terjadi pada musim panas,” tambahnya.
Meskipun sekarang cuaca Sumbar dominan panas, namun masih terdapat potensi hujan pada malam hari di daerah Limapuluh Kota, Solok Selatan, Kepulauan Mentawai dan Dharmasraya.
“Potensi hujan tersebut dengan intensitas ringan,” ujar dia.
Pihaknya akan memperbaharui informasi jika ada perubahan dinamika atmosfer. (*)

Editor : Mukhlisun

Sumber: antarasumbar.com

Comments

comments

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY