Hebat. Empat Siswa di Sawahlunto Ini Raih Nilai Sempurna

374
Palanta Minang — Agaknya ungkapan arab Manjadda Wajada, siapa yang bersungguh-sungguh pastikan akan berhasil, mampu dibuktikan keempasiswa sekolah dasar Kota Sawahlunto, yang meraih nilai sempurna dalam mata pelajaran IPA pada ujian nasional, yang digelar 15 – 17 Mei lalu.
Keempat siswa tersebut masing-masing Anisya Kinanti, Muhammad Arrayan Fiqri Saputra, Muhammad Hafif Asidiqi dari SD Negeri 13 Pasar Remaja, dan Miftahul Fania Zairisman, siswa SD Negeri 2 Talawi, meraih nilai 100 atau tanpa satupun jawaban yang salah.
“Dengan kesungguhan, anak-anak kita berhasil menjawab seluruh soal ujian nasional mata pelajaran IPA dengan sempurna,” ujar Idris, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Sawahlunto, kepada Haluan Kamis (15/6).
Idris mengungkapkan, terjadi peningkatan nilai rata-rata di tingkat Kota Sawahlunto. Dari 1.148 siswa sekolah dasar yang mengikuti UN, berhasil meraih nilai rata-rata untuk bahasa Indonesia 82,21 poin, matematika 73,82 poin, dan IPA 83,40 poin, dengan total nilai mencapai 239,43 poin.
Dengan jumlah nilai rata-rata kota itu, mengantarkan Kota Sawahlunto berada di posisi ketiga untuk tingkat Sumatera Barat, atau berada di bawah Kota Bukittinggi di posisi pertama dengan total 256,27 poin, dan Kabupaten Agam di posisi kedua dengan nilai 240,55 poin.
Menurut Idris, terjadi perbaikan peringkat bagi Kota Sawahlunto dibandingkan dengan tahun 2016 lalu, dimana Kota Sawahlunto berada di urutan kelima dengan total rata-rata nilai 232,24 poin.
“Terjadi perbaikan nilai berikut dengan perbaikan peringkat di level Sumatera Barat, yang memberikan kebahagiaan tersendiri bagi pelajar, maupun guru serta Dinas Pendidikan Sawahlunto,” tambah Idris.
Kepala SD Negeri 13 Pasar Remaja Sawahlunto, Hasriwati mengungkapkan rasa syukur dan bahagia yang luar biasa, atas berhasilnya tiga siswa di sekolah yang dipimpinnya mendapatkan nilai sempurna.
Hasriwati mengungkapkan, keberhasilan yang diraih ketiga siswa tersebut, tidak terlepas dari upaya keras para siswa dalam belajar, dukungan guru dalam membimbing proses pembelajaran.
Sekolah yang belum lama ini dilabeli sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri nasional itu, tiga tahun lalu, juga memiliki dua siswa yang berhasil menorehkan prestasi, dalam pelaksanaan ujian nasional, pada mata pelajaran matematika, dengan nilai 100 poin.(h/Nto)
Sumber: harianhaluan.com

Comments

comments

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY