Selama Ramadan, Sampah Karambia di Padang Capai 30 Ton per Hari

261

Palanta Minang — Selama bulan Ramadan, sampah dari kelapa muda di Kota Padang meningkat. Setiap harinya, sampah karambia tersebut mencapai ton hingga 30 ton.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Al Amin kepada Harianhaluan.com, Rabu (7/6).

“Rata-rata semenjak awal Ramadan hingga memasuki pertengahan Ramadan, sampah yang dihasilkan oleh kelapa muda minimal 25 ton setiap harinya,”ujar Al Amin.

Lebih lanjut Al Amin menyebutkan, setiap hari diturunkan sekitar 500 personel untuk mengumpulkan sampah masyarakat di Kota Padang. Kemudian mengerahkan, sebanyak 67 unit mobil pengangkut sampah.

Dikatakannya normalnya setiap hari volume sampah yang dihasilkan oleh Kota Padang mencapai berat 450 ton hingga 500 ton. Kini saat memasuki bulan Ramadan bisa mencapai 500 ton hingga 550 ton setiap harinya.

“Kalau untuk kenaikan secara keseluruhan ada sekitar 40 ton hingga 50 ton yang selain berasal dari sampah kelapa muda juga penambahan sampah pasar jajanan berbuka puasa, supermarket dan sampah rumah tangga,”kata Al Amin.

Al Amin mengimbau kepada seluruh pedagang kelapa muda agar membuang sampah dalam keadaan terbungkus dan tidak digabungkan dengan sampah yang berasal dari rumah tangga. Tujuannya adalah untuk  mempermudah petugas dalam memisahkan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aia Dingin, Lubuk Minturun.

“Sampah kelapa ini tidak bisa disatukan dengan sampah rumah tangga dalam pengolahannya nanti,” ujarnya. (h/mg-mel)

Comments

comments

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY